Monday, October 31, 2016

Tafsir Surah Alfatihah Bagian 1

Assalamu Alaikum Wr.Wb
Yuk ! kita memperdalam ilmu agama Yuk!
PENGANTAR
Nama,  Tempat Diturunkan, dan Jumlah ayat
              Surah pertama al-fatihah mempunyai bermacam - macam nama, antara lain :
1. Surah al-fatihah
    Kata "Fatihah" terambil dari kata kerja fataha yang  berarti "membuka" atau " memulai". Sedangkan "al-" adalah kata sandang, artikel definitif, itu, petunjuk suatu kata benda. Al-fatihah disini berarti " Pembuka" atau "Pemula". Surah ini dinamakan " al-fatihah" karena dengan surah inilahh dibuka Al-Qur'an, artinya dengan surah inilah dimulai susunan surah-surah dalam Al-Qur'an. Peletakannya di permulaan Al-qur'an berdasarkan tauqifi, artinya perintah dari Allah SWT yang disampaikan kepada nabi muhammad SAW.
2. Ummul-Qur'an atau Ummul Kitab
    Disamping nama al-fatihah, surah ini juga dinamakan Ummul Qur-an  ( Induknya Al-Qur'an ) atau Ummul Kitab karena merupakan induk, pokok, atau basis bagi  Al-Qur'an Seluruhnya, dengan arti surat alfatihah mengandung pokok-pokok isi Al-qur'an
3. As-Sab'ul Masani
    Surah al-fatihah juga dinamai as-sab'ul masani ( tujuh ayat yang berulang-ulang ). Dinamai demikian karena ayatnya berjumlah tujuh, dan dibaca berulang dalam shalat.

    Shalat tidak sah tanpa membaca surat al-Fatihah, berdasarkan Hadist :
لاصلاة لمن لم ىقرأ بفاتحة الكتاب
 Tidak sah Shalat bagi orang yang tidak membaca al-fatihah. "( Riwayat Ashaabus-Sittah dari " Ubadah Bin As-Samit )
Selain beberapa nama yang disebutkan, masih ada nama-nama lain, yaitu al-Kanz ( Pembendaharaan), Al-Hamd ( Pujian ), as-Shalah ( Shalat ), al-Waqiyah ( Yang Melindung), Asaasul Qur'an ( Pokok - pokok Al-Qur'an ), as-Syaafiyah ( Penyembuhan), al-Kaafiyah ( Yang Mencukupi), ar- Ruqyah ( Bacaan Untuk Pengobatan ), as-syukur ( Syukur ), ad-Du'a, ( Do'a) dan al-asas ( asas segala sesuatu).
     surat al-Fatihah diturunkan di mekah, jadio termasuk surat makkiyah. surat ini diturunkan pada waktu pertama kali disyariatkan shalat dan diwajibkan membacanya di dalam shalat, karena itu, ia adalah surat yang pertama diturunkan dengan lengkap. dalam surat ini terdapat kesimpulan dari isi keseluruhan Al-qur'an.
     Pokok - pokok isinya
     Telah disebutkan di atas, bahwa surat al-Fatihah  adalah induk dari Al-Qur'an seluruhnya, sehinggga ia merupakan intisari dari sisi al-Qur'an yaitu :
1. Akidah
2. Ibadah
3. Hukum-hukum
4. Janji dan ancaman
5. Kisah - kisah

" Sementara itu saja yang dapat saya sampaikan "
untuk selanjutnbya kita akan bahas Ditafsir alqur'an Bagian 2 Tentang Akidah.
semoga bermanfaat.
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.

No comments:

Post a Comment